SILABUS Model Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam



FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
PROGRAM STUDI        : Pendidikan Agama Islam
MATA KULIAH             : Model Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam

A.      IDENTITAS MATA KULIAH
1.      Nama Mata Kuliah            : Model Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam
2.      Nomor Kode                      : MKP 8968
3.      Bobot SKS                          : 2 (dua) SKS
4.      Semester                           : VII (Tujuh) A & B
5.      Nama Dosen                     : Dr. H Masykur H Mansyur, MM.
6.      Jumlah Pertemuan            : 14 kali pertemuan klasikal
: 1 kali Ujian Tengah Semester (UTS)
: 1 kali Ujian Akhir Semester (UAS)

B.      TUJUAN MATA KULIAH
Setelah mengikuti kuliah model pengembagan Lembaga Pendidikan Islam, mahasiswa diharapkan mampu memahami peran lembaga pendidikan Islam dalam rangka mengembangkan model pendidikan, termasuk lembaga pendidikan Islam demi terciptanya lembaga pendidikan Islam yang bermutu tinggi
C.      DESKRIPSI  MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas; pengertian lembaga pendidikan Islam, Karakteristik Lembaga Pendidikan Islam, tanggung jawab lembaga pendidikan Islam,  landasan pembangunan lembaga pendidikan Islam, peran lembaga pendidikan Islam  dalam pembinaan umat, model pengembangan sekolah elit, model pengembangan pendidikan Islam oleh ormas keagamaan Islam, model lembaga pendidikan pesantren, bagaimana memilih lembaga pendidikan Islam, pendidikan Islam dalam Sisdiknas,  pendidikan Islam dalam tantangan perubahan, isu-isu strategis pendidikan Islam, dan pengembangan lembaga pendidikan tinggi.
D.     PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan pemebelajaran dengan menggunakan ekspository dan inquiry:
Metode Pembelajaran; ceramah, Tanya jawab, diskusi
Tugas; tugas mandiri dan penyajian/diskusi.
Media; infocus



E.      EVALUASI HASIL BELAJAR
1.      Kehadiran                                      :  15 %
2.      Tugas dan diskusi kelompok         :  20 %
3.      Ujian Tengah Semester (UTS)       :  25 %
4.      Ujian Akhir Semester (UAS)          :  40 %

F.       RINCIAN MATERI TIAP PERTEMUAN

No
Pertemuan ke…..
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan

1
Kontrak Kuliah
Memperkenalkan nama mata kuliah, jumlah SKS, menentukan hari pertemuan kalau dosen berhalangan dan tempat pertemuan, menjelaskan manfaat MK, referensi, kriteria penilain dan jadual kuliah
2
2
Pengertian Lembaga Pendidikan Islam
Menjelaskan pengertian lembaga pendidikan Islam , dan prinsip-prinsip pendidikan Islam.
3
3
Tanggung jawab lembaga pendidikan Islam
Menjelaskan macam-macam tanggung jawab; pendidikan informal, formal dan non formal.
4
4
Landasan pembangunan lembaga pendidikan Islam
Menjelaskan landasan pendidikan Islam yaitu landasan ideal dan landasan konstitusional.
5
5
Konsep tujuan Pendidikan Islam
Membahas tentang tujuan pendidikan Islam
6
6
Peran lembaga pendidikan Islam dalam pembinaan umat
Membahas tentang etika, moral dan karakter
7
7
Model pendidikan yang dikelola oleh Ormas keagamaan Islam
Membahas tentang model lembaga pendidikan yang dikelola oleh Muhammadiyah dan NU.
8
8
U T S

9
9
Model pendidikan yang dikelola oleh Ormas keagamaan Islam lanjutan
Membahas tentang model lembaga pendidikan yang dikelola oleh Persis dan Al-Irsyad al-Islamiyah.
10
10
Model Lembaga Pendidikan Pesantren
Menjelaskan tentang pengertian Pesantren, tipologi pesantren, metodologi pembelajaran di pesantren dan visi, misi pesantren.
11
11
Memilih  model lembaga pendidikan Islam yang diinginkan
Menjelaskan model-model pendidikan yang diinginkan.
12
12
Pendidikan Islam dalam Sisdiknas
Membahas tentang posisi lembaga pendidikan Islam dalam system pendidikan nasional
13
13
Isu-isu strategis pendidikan Islam
Membahas tentang isu-isu strategis pendidikan Islam
14
14
Pendidikan Agama di Era Globalisasi
Membahas kondisi pendidikan agama di era globalisasi
15
15
Pendidikan Islam dalam tantangan perubahan
Membahas pendidikan Islam dalam tantangan peru
16
16
UAS

                       
                                                                       Karawang, 1 September 2015
                                                                                 Dosen Pengampu’
                                                                                                                     
                                                                                                             ttd
                                                                              Masykur H Mansyur                                                                                                                  NIP: 195804241988031001


BUKU RUJUKAN
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Rosdakarya, 2008
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: logos Wacana Ilmu, 2002.
Marwan Saridjo Pendidikan Islam dari Masa ke Masa, Jakarta: Ngali, 2003
Husni Rahim, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, 2003
Depag RI, Grand Design Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren 2004-2009
Karel Steenbrink, Pesantren, Madrasah, Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES, 1994.
Zuhairi, dkk. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,
Masruhah, Sejarah Pendidikan Islam,
Abudin Nata, Sejarah Pendidikan Islam,
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.







Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.