FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS
SINGAPERBANGSA KARAWANG
SILABUS
DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
PROGRAM STUDI : Pendidikan Agama Islam
MATA KULIAH : Model Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam
A. IDENTITAS MATA
KULIAH
1. Nama Mata Kuliah : Model Pengembangan Lembaga
Pendidikan Islam
2. Nomor Kode : MKP 8968
3. Bobot SKS : 2 (dua) SKS
4. Semester : VII (Tujuh) A &
B
5. Nama Dosen : Dr. H Masykur H Mansyur,
MM.
6. Jumlah Pertemuan : 14 kali pertemuan klasikal
: 1 kali Ujian Tengah
Semester (UTS)
: 1 kali Ujian Akhir Semester
(UAS)
B. TUJUAN MATA
KULIAH
Setelah mengikuti kuliah model
pengembagan Lembaga Pendidikan Islam, mahasiswa diharapkan mampu memahami peran
lembaga pendidikan Islam dalam rangka mengembangkan model pendidikan, termasuk
lembaga pendidikan Islam demi terciptanya lembaga pendidikan Islam yang bermutu
tinggi
C.
DESKRIPSI MATA
KULIAH
Mata kuliah ini membahas; pengertian
lembaga pendidikan Islam, Karakteristik Lembaga Pendidikan Islam, tanggung
jawab lembaga pendidikan Islam, landasan
pembangunan lembaga pendidikan Islam, peran lembaga pendidikan Islam dalam pembinaan umat, model pengembangan
sekolah elit, model pengembangan pendidikan Islam oleh ormas keagamaan Islam,
model lembaga pendidikan pesantren, bagaimana memilih lembaga pendidikan Islam,
pendidikan Islam dalam Sisdiknas,
pendidikan Islam dalam tantangan perubahan, isu-isu strategis pendidikan
Islam, dan pengembangan lembaga pendidikan tinggi.
D. PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
Pendekatan pemebelajaran dengan
menggunakan ekspository dan inquiry:
Metode Pembelajaran; ceramah, Tanya
jawab, diskusi
Tugas; tugas mandiri dan
penyajian/diskusi.
Media; infocus
E.
EVALUASI HASIL BELAJAR
1. Kehadiran : 15 %
2. Tugas dan
diskusi kelompok : 20 %
3. Ujian Tengah
Semester (UTS) : 25 %
4. Ujian Akhir
Semester (UAS) : 40 %
F. RINCIAN MATERI
TIAP PERTEMUAN
No
|
Pertemuan ke…..
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
|
1
|
Kontrak Kuliah
|
Memperkenalkan nama mata kuliah, jumlah SKS,
menentukan hari pertemuan kalau dosen berhalangan dan tempat pertemuan,
menjelaskan manfaat MK, referensi, kriteria penilain dan jadual kuliah
|
2
|
2
|
Pengertian Lembaga Pendidikan Islam
|
Menjelaskan pengertian lembaga pendidikan Islam ,
dan prinsip-prinsip pendidikan Islam.
|
3
|
3
|
Tanggung
jawab lembaga pendidikan Islam
|
Menjelaskan macam-macam tanggung jawab; pendidikan
informal, formal dan non formal.
|
4
|
4
|
Landasan
pembangunan lembaga pendidikan Islam
|
Menjelaskan landasan pendidikan Islam yaitu landasan
ideal dan landasan konstitusional.
|
5
|
5
|
Konsep tujuan Pendidikan Islam
|
Membahas tentang tujuan pendidikan Islam
|
6
|
6
|
Peran lembaga
pendidikan Islam dalam pembinaan umat
|
Membahas tentang etika, moral dan karakter
|
7
|
7
|
Model pendidikan yang dikelola oleh Ormas keagamaan
Islam
|
Membahas tentang model lembaga pendidikan yang
dikelola oleh Muhammadiyah dan NU.
|
8
|
8
|
U T S
|
|
9
|
9
|
Model pendidikan yang dikelola oleh Ormas keagamaan
Islam lanjutan
|
Membahas tentang model lembaga pendidikan yang
dikelola oleh Persis dan Al-Irsyad al-Islamiyah.
|
10
|
10
|
Model
Lembaga Pendidikan Pesantren
|
Menjelaskan tentang pengertian Pesantren, tipologi
pesantren, metodologi pembelajaran di pesantren dan visi, misi pesantren.
|
11
|
11
|
Memilih model
lembaga pendidikan Islam yang diinginkan
|
Menjelaskan model-model pendidikan yang diinginkan.
|
12
|
12
|
Pendidikan
Islam dalam Sisdiknas
|
Membahas tentang posisi lembaga pendidikan Islam
dalam system pendidikan nasional
|
13
|
13
|
Isu-isu
strategis pendidikan Islam
|
Membahas
tentang isu-isu strategis pendidikan Islam
|
14
|
14
|
Pendidikan
Agama di Era Globalisasi
|
Membahas
kondisi pendidikan agama di era globalisasi
|
15
|
15
|
Pendidikan
Islam dalam tantangan perubahan
|
Membahas
pendidikan Islam dalam tantangan peru
|
16
|
16
|
UAS
|
|
Karawang,
1 September 2015
Dosen Pengampu’
ttd
Masykur H Mansyur NIP:
195804241988031001
BUKU
RUJUKAN
Ahmad
Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani Rohani dan Kalbu
Memanusiakan Manusia, Bandung: Rosdakarya, 2008
Azyumardi
Azra, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta:
logos Wacana Ilmu, 2002.
Marwan
Saridjo Pendidikan Islam dari Masa ke Masa, Jakarta: Ngali, 2003
Husni
Rahim, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, 2003
Depag RI,
Grand Design Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren 2004-2009
Karel
Steenbrink, Pesantren, Madrasah, Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta:
LP3ES, 1994.
Zuhairi,
dkk. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,
Masruhah,
Sejarah Pendidikan Islam,
Abudin
Nata, Sejarah Pendidikan Islam,
Undang-undang
Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan
Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan
Keagamaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar